Telekomunikasi jadi mudah dan berisi.

Pemaparan kelebihan cloud computing di sini bukan bertujuan untuk melakukan penjualan namun lebih menceritakan sisi apa yang ingin didorong dengan pemanfaatan Cloud Computing. Dengan mengetahui kelebihannya diharapkan bisa lebih bijak dalam melakukan pemilihan.

Sebagian keuntungan cloud computing dalam penggelaran aplikasi adalah untuk mengurangi waktu menjalankan aplikasi dan waktu respon aplikasi, meminimalkan risiko penggelaran infrastruktur fisik seperti pengadaan server, menurunkan biaya, dan meningkatkan laju inovasi.

  1. Mengurangi waktu kerja dan waktu respon dari sebuah aplikasi.

Untuk aplikasi yang menggunakan infrastruktur cloud computing dalam menjalankan pekerjaan batch, dapat dengan mudah mengalokasikan 1000 server untuk menyelesaikan sebuah tugas sehingga waktu kerja yang dibutuhkan adalah 1/1000 waktu yang dibutuhkan oleh server tunggal. Sedangkan kecepatan waktu respon yang lebih baik kepada pelanggan mereka diberikaan dengan aplikasi refactoring sehingga setiap penggunaan resources CPU dalam server farm bisa lebih intensif dan membantu mengoptimalkan waktu respon walaupun skala permintaannya relatif besar.

  1. Meminimalkan faktor risiko infrastruktur

Divisi IT dalam sebuah perusahaan dapat menggunakan cloud computing untuk mengurangi risiko yang secara konvensional melekat dalam pembelian server fisik dan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Misalnya apakah aplikasi baru atau penambahan pemilihan server baru menjadi lebih baik dari server sebelumnya? Jika tidak lebih baik maka berarti perusahaan telah salah berinvestasi. Jika berfungsi lebih baik, berapa banyak server yang diperlukan lagi seiring dengan kenaikan beban kerja? Jika kesuksesan aplikasi berumur pendek maka apakah investasi yang ada sudah kembali sebelum kesuksesan berakhir? Ketika sebuah aplikasi didorong menggunakan cloud computing, skalabilitas dan risiko pembelian infrastruktur yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan menjadi resiko resources cloud computing.

Cloud computing juga meminimalkan risiko infrastruktur di mana kebutuhan datacenter perusahaan membengkak untuk menangani lonjakan beban kerja. Dengan desain cloud computing memungkinkan kelebihan beban kerja tersebut ke fasilitas cloud computing sehingga sumber daya tidak lagi langka, dan pengadaannya dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan mendesak perusahaan.

  1. Lebih rendah biaya entry market

Kelebihan cloud computing dalam membantu mengurangi biaya untuk memasuki pasar baru (entry market) karena infrastruktur cloud computing disewa dan tidak dibeli maka biaya lebih dapat dikendalikan, bahkan penanaman modal di awal dapat menjadi nol. Dengan meminimalkan biaya yang muncul di awal, cloud compting dapat membantu untuk lebih mengurangi biaya dan usaha masuk ke pasar. Biaya rendah untuk masuk ke pasar baru ini membantu proses start-up perusahaan-perusahaan khususnya yang memiliki kemampuan permodalan yang kecil.

  1. Peningkatan kecepatan inovasi

Cloud computing dapat membantu untuk meningkatkan laju inovasi yang diwujudkan melalui penggunaan perangkat lunak open source, seluruh industri open source mampu berfungsi untuk mempercepat laju peningkatan inovasi yang menggunakan cloud computing.

Referensi :

IntroductIon to Cloud Computing ArChiteCture; SUN White Paper; 1st Edition, June 2009
Download materi ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: