Telekomunikasi jadi mudah dan berisi.

“Industri penyedia jasa menduduki peringkat ketiga setelah industri keamanan dan industri minyak dan gas jauh mengungguli industri telekomunikasi di peringkat kesepuluh dan industri penyedia jaringan dan perangkatnya di peringkat ketiga belas dalam 12 industri dengan pertumbuhan revenue paling cepat.”

Fortune 500, 30 April 2007.

 

Fenomena berkembangnya industri content yang akan mengungguli industri lain di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah banyak “dibaca” oleh perusahaan telekomunikasi besar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan industri layanan jasa selama lima tahun terakhir.

Jika kita tengok perkembangan 13 industri yang berkembang di Amerika Serikat selama lima tahun terakhir hingga perkembangan ketiga belas industri tersebut selama satu tahun terakhir khususnya pada pertambahan keuntungannya kita bisa melihat bahwa industri penyedia content melesat dari tidak berada pada daftar 13 besar industri dengan pertumbuhan laba tertinggi sejak lima tahun terakhir seperti terlihat pada tabel 2 berikut.

 

Top industries

Fastest Growing Industries: Growth in Profits (5 Year)

 

 

Tabel 2. Tiga belas industri di Amerika Serikat dengan perkembangan keuntungan terbesar selama lima tahun terakhir. 

Pertumbuhan rata-rata tiap industri selama lima tahun terakhir khususnya dalam pertumbuhan keuntungannya telah menempatkan industri jaringan dan perangkat komunikasi di peringkat tiga belas. Dan jika lebih diteliti di dalam tabel tersebut tidak terdapat industri penyedia content. Peringkat satunya diduduki oleh industri layanan minyak dan gas. Sangat kontras kondisinya jika kita memperkecil rentangan pertumbuhan keuntungan menjadi hanya satu tahun terakhir seperti terlihat pada tabel 3.

 

Tabel 3. Tiga belas industri di Amerika Serikat dengan perkembangan keuntungan terbesar selama satu tahun terakhir. 

Pada rentangan satu tahun terakhir secara mengejutkan industri layanan content telah menduduki peringkat satu dan industri jaringan dan perangkat komunikasi lain tetap menduduki peringkat ketiga belas. Dua kesimpulan bisa kita ambil dengan membandingkan kedua tabel ini [3].

Kesimpulan pertama bahwa pertumbuhan industri jaringan dan perangkat komunikasi cenderung konstan bila dibandingkan dengan industri lainnya. Meskipun terjadi perubahan mengenai industri-industri yang ada pada daftar ini namun industri ini tetap berada pada peringkat ketiga belas.  

Kesimpulan kedua adalah bahwa industri penyedia content mengalami peningkatan yang signifikan selama satu tahun bahkan bisa mencapai 125,9%. Dan sepertinya angka pertumbuhan industri content ini tidak akan berhenti sampai di sini. Ini hanyalah permulaan dari sebuah bola salju.

Kedua kesimpulan di atas secara tidak langsung mengatakan bahwa selama satu tahun terakhir angka pertumbuhan industri content sudah “melangkahi” angka dari pertumbuhan industri penyedia jaringan ataupun industri telekomunikasi. Sebuah industri industri yang notabene adalah industri yang telah menghidupkan industri penyedia content.  

Bagaimana fenomena ini bisa dijelaskan? Satu hal yang bisa menjadi hipotesa atas hadirnya fenomena ini adalah saat pasar mengalami titik jenuh dalam artian angka teledensitas di suatu negara mencapai lebih dari 80% maka para penyedia jaringan yang tersisa akan mengalami suatu iklim kompetisi yang sedemikian ketatnya sehingga penurunan harga dan peningkatan kapasitas menjadi salah satu solusinya. Efek yang terjadi pada para penggunanya adalah mereka mendapatkan sebuah layanan internet yang sedemikian rendah dari segi harga dan kapasitas yang relatif besar. Saat semua memberikan penawaran harga sedemikian rendah dan kapasitas yang tinggi yang tertinggal di benak para pengguna bukanlah memilih media apa yang akan digunakan untuk dapat terkoneksi ke internet karena mereka bisa mendapatkan dengan mudah. Yang ada di benak para pengguna adalah layanan content apa yang akan mereka gunakan. Layanan apa yang akan memenuhi kebutuhan mereka. Yang ada di benak mereka yang sudah tidak mengalami kesulitan dalam memilih media transportasi adalah memilih tujuan akhir dari sarana transportasi tersebut.

Comments on: "Pangsa Pasar Industri Content di Amerika Serikat." (1)

  1. Sungguh menarik. Bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: