Telekomunikasi jadi mudah dan berisi.

Jumat, 18/04/2008 06:24 WIB

Di-‘Skak Mat’ SMS, Reputasi Atlet Tercoreng
Fransiska Ari Wahyu – detikinet

Dubai – Pesan singkat (SMS) bisa mendatangkan malapetaka bagi seorang atlet. Gara-gara SMS, seorang atlet hancur reputasinya dan terancam terkena larangan bertanding.

Hal itu dialami seorang atlet catur dari Iran, M. Sadatnajafi, saat sedang bertanding dalam turnamen Dubai Open Chess melawan Li Chao, Grandmaster asal China. Ia konon tertangkap basah menerima SMS tips untuk langkah berikutnya.

Kejadiannya juga cukup menggelikan. Setelah melakukan 10 langkah, tiba-tiba saja ponsel atlet itu terjatuh di depan juri. Setelah di lihat, di dalam ponsel itu tertera pesan-pesan berisi instruksi tentang langkah yang harus dilakukan. Sadatnajafi pun bagai terkena ‘skak mat’ dan tak bisa berkata apa-apa.

Diduga instruksi ini diberikan oleh seseorang yang sedang menyaksikan jalannya pertandingan yang sedang disiarkan live via internet, demikian seperti dikutip detikINET dari Cellular News, Jumat (18/4/2008).

“Berdasarkan peraturan International Chess Federation (FIDE), pemain tidak diperkenankan menggunakan ponsel saat sedang bertanding. Kasus ini masih dalam proses penyelidikan dan hasilnya akan dilaporkan ke FIDE untuk menentukan langkah selanjutnya,” ungkap Casto Abundo, ketua juri pertandingan.

Kecurangan semacam ini juga pernah terjadi sebelumnya. Di bulan Desember 2006 atlet bernama Umakant Sharma, juga melakukan kecurangan saat pertandingan. Dia menggunakan instruksi komputer via Bluetooth yang diselipkan di topinya. Walhasil, dia dijatuhi sanksi larangan bertanding selama 10 tahun. Mungkin saja Sadatnajafi akan mengalami nasib yang sama.

Punya cerita menarik seputar dunia TIi? Sampaikan di detikINET Forum!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: